“Apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham” (Confusius)

Kamis, 10 Oktober 2013

Model Pembelajaran CRI (certainly of response index)

Kesalahpahaman ilmiah yang dimiliki siswa diketahui menghambat penerimaan yang tepat dan ion terpadu pengetahuan atau keterampilan baru. Kesalahpahaman ini adalah struktur kognitif yang mengikat yang tidak sesuai dengan apa yang diketahui secara ilmiah benar. kini akan menjelaskan proses diagnosa kemampuan dan kebutuhan siswa secara kuantitatif dalam rangka untuk meresepkan kegiatan pembelajaran yang diperlukan melalui penggunaan Kepastian Indeks Response (CRI).

 CRI (certainly of response index)
Kepastian Indeks Response (CRI) digunakan dalam ilmu-ilmu sosial, terutama di survei, di mana responden diminta untuk memberikan tingkat kepastian ia memiliki kemampuan sendiri untuk memilih dan memanfaatkan mapan pengetahuan, konsep atau hukum untuk tiba di jawabannya. The CRI didasarkan pada beberapa skala. Sebagai contoh, skala enam poin (0-5) di mana 0 berarti tidak ada pengetahuan (Totalmenebak) metode atau hukum yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan tertentu sementara 5 menunjukkan lengkap keyakinan dalam pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan hukum diperlukan untuk sampai pada jawaban yang dipilih. Metodologi yang disajikan di sini didasarkan pada makalah yang ditulis pada Kesalahpahaman dan Kepastian Indeks Response (CRI) oleh Hasan, Bagayoko dan Kelly (1999).

Keputusan matriks untuk individu siswa dan untuk pertanyaan yang diberikan.


Low CRI (<2 o:p="">
Tinggi CRI (> = 2.5)
Benar Jawaban
Jawaban yang benar dan CRI rendah - Kurangnya pengetahuan (menebak beruntung)
Jawaban yang benar dan tinggi CRI - Pengetahuan tentang konsep yang benar
Jawaban Salah
Jawaban yang salah dan CRI rendah - Kurangnya pengetahuan
Jawaban yang salah dan tinggi CRI - Kesalahpahaman



Keputusan matriks untuk sekelompok mahasiswa s (kelas) dan untuk pertanyaan yang diberikan.


Low CRI (<2 o:p="">
Tinggi CRI (> = 2.5)
Benar Jawaban
Jawaban yang benar dan rata-rata rendah CRI - Kurangnya pengetahuan (menebak beruntung)
Jawaban yang benar dan rata-rata CRI tinggi - Pengetahuan tentang konsep yang benar
Jawaban Salah
Jawaban yang salah dan rata-rata rendah CRI - Kurangnya pengetahuan
Jawaban yang salah dan rata-rata CRI tinggi - Kesalahpahaman


Langkah pertama adalah untuk menciptakan sebuah platform pembelajaran berbasis web dengan menggunakan Wikispaces yang menggabungkan materi pelajaran untuk men-download dan belajar dengan siswa serta embedding video bagi siswa untuk bantuan pemahaman (Gambar 1). Siswa juga ditugaskan untuk menjawab 10 pertanyaan pilihan ganda. Selain itu, siswa diminta untuk memilih tingkat kepercayaan bahwa mereka telah menjawab dengan benar untuk setiap pertanyaan. Untuk setiap pertanyaan yang dijawab, para siswa harus memilih kepastian jawaban mereka dengan menggunakan:
(0-Benar-benar menebak jawabannya, 1-Hampir menebak, 2-Tidak yakin, 3 - Tentu, 4-Hampir pasti, 5-Tertentu)

img4 
Gambar. 1

Hasil dari jawaban dan CRI ditangkap ke Excel worksheet (Gambar 2) dan diolah dengan menggunakan Google Formulir (Gambar 3).
 img7
   Gambar. 2

img6
 Gambar. 3


Jika kita mengalihkan perhatian kita untuk Q6 (Gambar 4) untuk 3 kelas, Q6 memiliki jumlah terendah siswa yang mendapatkannya benar dan yang CRI cukup tinggi (sekitar 3,0) (Gambar 5, 6 dan 7). Ini menunjukkan bahwa siswa yang menjawab pertanyaan ini salah yakin bahwa mereka akan bisa melakukannya dengan benar. Dengan demikian, siswa memiliki kesalahpahaman dan bukan kurangnya pengetahuan dan guru akan mampu mendiagnosa daerah mana dari topik bahwa siswa pada umumnya memiliki kesalahpahaman dan dengan demikian akan mampu mengatasinya secara efektif.

img11
 Gambar. 4
 img8
 Gambar. 5
 img9 
 Gambar. 6
 img10
 Gambar. 7

Sebuah survei diberikan kepada siswa (n = 49) dengan menggunakan skala Likert (Gambar 8) dan ada total 5 helai untuk survei ini (lihat pertanyaan dari hasil survei). Setiap untai ditanyakan dalam baik secara positif maupun negatif dalam rangka untuk menguji validitas respon. Hasil survei yang menggembirakan karena siswa pada umumnya diposting respon positif
 img13
 Gambar. 8

Dalam rangka untuk mengukur perakitan untaian ini saling terkait mengukur konstruk yang mendasarinya (persepsi Mahasiswa terhadap pengajaran diagnostik), saya menggunakan indeks keandalan - Alpha Cronbach. Indeks ini pengukur konsistensi internal atau korelasi rata-rata item dalam instrumen survei untuk mengukur kehandalan. Alpha Cronbach dihitung menjadi 0,79 (n = 49). Nunnaly (1978) telah mengindikasikan 0,70 dan di atas menjadi koefisien reliabilitas diterima untuk Cronbach Alpha.

Identifikasi kesalahpahaman menggunakan pengajaran diagnostik memanfaatkan Kepastian Indeks Response (CRI) dapat diperkenalkan dan digunakan oleh mata pelajaran lain dan penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat dengan mudah digunakan dan dilaksanakan oleh semua bidang pendidikan . Dari hasil, berbagai kesalahpahaman ilmiah dapat katalog dan digunakan untuk pengajaran di masa depan dan belajar karena didasarkan pada studi empiris dan bukti bukan anekdotal.

Referensi
Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelly, EL (1999). Kesalahpahaman dan Kepastian Indeks Response (CRI), Phys. Educ. 34, 294.
Nunnaly, J. (1978). Teori chometric Psy. McGraw-Hill, N ew York.1


Tidak ada komentar: