- Ruang laboratorium IPA berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran IPA secara praktek yang memerlukan peralatan khusus.
- Ruang laboratorium IPA dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
- Rasio minimum luas ruang laboratorium IPA 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar minimum ruang laboratorium IPA 5 m.
- Ruang laboratorium IPA dilengkapi dengan fasilitas untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
- Tersedia air bersih.
- Ruang laboratorium IPA dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.7.
Tabel 3.7 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium IPA
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1.1
|
Kursi
|
1 buah/peserta didik, ditambah
1 buah/guru
|
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan.
|
1.2
|
Meja peserta didik
|
1 buah/7 peserta didik
|
Kuat dan stabil.
Ukuran
memadai untuk menampung
kegiatan peserta didik secara berkelompok maksimum 7 orang.
|
1.3
|
Meja demonstrasi
|
1 buah/lab
|
Kuat dan stabil.
Luas meja memungkinkan untuk melakukan demonstrasi dan menampung peralatan dan bahan yang diperlukan.
Tinggi meja memungkinkan seluruh
peserta didik dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.
|
1.4
|
Meja persiapan
|
1 buah/lab
|
Kuat dan stabil.
Ukuran
memadai untuk menyiapkan
materi percobaan.
|
1.5
|
Lemari alat
|
1 buah/lab
|
Ukuran
memadai untuk menampung
semua alat.
Tertutup dan dapat dikunci.
|
1.6
|
Lemari bahan
|
1 buah/lab
|
Ukuran
memadai untuk menampung
semua bahan dan tidak mudah berkarat.
Tertutup dan dapat dikunci.
|
1.7
|
Bak cuci
|
1 buah/
2 kelompok,
ditambah
1 buah di ruang persiapan.
|
Tersedia air bersih
dalam jumlah memadai.
|
2
|
Peralatan
Pendidikan
|
||
2.1
|
Mistar
|
6 buah/lab
|
Panjang minimum 50 cm, ketelitian 1 mm.
|
2.2
|
Jangka sorong
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,1 mm.
|
2.3
|
Timbangan
|
3 buah/lab
|
Memiliki ketelitian
berbeda.
|
2.4
|
Stopwatch
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,2 detik.
|
2.5
|
Rol meter
|
1 buah/lab
|
Panjang minimum 5 m, ketelitian 1 mm.
|
2.6
|
Termometer
100 C
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,5 derajat.
|
2.7
|
Gelas ukur
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 1 ml.
|
2.8
|
Massa logam
|
3 buah/lab
|
Dari jenis
yang berbeda, minimum massa 20 g.
|
2.9
|
Multimeter AC/DC, 10 kilo ohm/volt
|
6 buah/lab
|
Dapat mengukur tegangan,
arus, dan hambatan.
Batas minimum ukur arus
100 mA-5 A.
Batas minimum ukur tegangan untuk DC 100 mV-50 V.
Batas minimum ukur tegangan
untuk AC 0-250 V.
|
2.10
|
Batang magnet
|
6 buah/lab
|
Dilengkapi dengan potongan berbagai jenis
logam.
|
2.11
|
Globe
|
1 buah/lab
|
Memiliki
penyangga dan
dapat
diputar.
Diameter minimum 50 cm.
Dapat memanfaatkan globe yang terdapat di ruang perpustakaan.
|
2.12
|
Model tata surya
|
1 buah/lab
|
Dapat menunjukkan terjadinya gerhana.
Masing-masing planet dapat diputar mengelilingi matahari.
|
2.13
|
Garpu tala
|
6 buah/lab
|
Bahan baja, memiliki frekuensi
berbeda dalam rentang audio.
|
2.14
|
Bidang miring
|
1 buah/lab
|
Kemiringan
dan kekasaran permukaan dapat diubah-ubah.
|
2.15
|
Dinamometer
|
6 buah/lab
|
Ketelitian 0,1 N/cm.
|
2.16
|
Katrol tetap
|
2 buah/lab
|
|
2.17
|
Katrol bergerak
|
2 buah/lab
|
|
2.18
|
Balok kayu
|
3 macam/lab
|
Memiliki
massa, luas permukaan, dan koefisien gesek berbeda.
|
2.19
|
Percobaan muai panjang
|
1 set/lab
|
Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data pemuaian minimum untuk tiga jenis bahan.
|
2.20
|
Percobaan optik
|
1 set/lab
|
Mampu menunjukkan fenomena
sifat bayangan dan memberikan data tentang keteraturan hubungan antara jarak benda,
jarak bayangan, dan jarak fokus cermin cekung, cermin cembung, lensa cekung, dan lensa cembung.
Masing-masing minimum dengan
tiga nilai jarak fokus.
|
2.21
|
Percobaan rangkaian
listrik
|
1 set/lab
|
Mampu memberikan data hubungan
antara tegangan, arus, dan
hambatan.
|
2.22
|
Gelas kimia
|
30 buah/lab
|
Berskala, volume 100 ml.
|
2.23
|
Model molekul
sederhana
|
6 set/lab
|
Minimum terdiri dari atom
hidrogen, oksigen, karbon, belerang, nitrogen, dan dapat dirangkai menjadi molekul.
|
2.24
|
Pembakar spiritus
|
6 buah/lab
|
|
2.25
|
Cawan penguapan
|
6 buah/lab
|
Bahan keramik,
permukaan dalam diglasir.
|
2.26
|
Kaki tiga
|
6 buah/lab
|
Dilengkapi kawat kasa dan tingginya sesuai tinggi pembakar spiritus.
|
2.27
|
Plat tetes
|
6 buah/lab
|
Minimum ada 6 lubang.
|
2.28
|
Pipet tetes + karet
|
100 buah/lab
|
Ujung pendek.
|
2.29
|
Mikroskop monokuler
|
6 buah/lab
|
Minimum tiga nilai perbesaran obyek dan
dua nilai perbesaran
okuler.
|
2.30
|
Kaca pembesar
|
6 buah/lab
|
Minimum tiga nilai jarak fokus.
|
2.31
|
Poster genetika
|
1 buah/lab
|
Isi poster jelas terbaca dan berwarna,
ukuran minimum A1.
|
2.32
|
Model kerangka manusia
|
1 buah/lab
|
Tinggi minimum 150 cm.
|
2.33
|
Model tubuh manusia
|
1 buah/lab
|
Tinggi minimum 150 cm. Organ tubuh terlihat dan dapat dilepaskan dari model.
Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
|
2.34
|
Gambar/model
pencernaan manusia
|
1 buah/lab
|
Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan
ukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.
|
2.35
|
Gambar/model
sistem peredaran
darah manusia
|
1 buah/lab
|
Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan
ukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat
dibongkar pasang.
|
2.36
|
Gambar/model
sistem pernafasan
manusia
|
1 buah/lab
|
Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan
ukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat
dibongkar pasang.
|
2.37
|
Gambar/model
jantung manusia
|
1 buah/lab
|
Jika berupa gambar, maka isinya
jelas terbaca dan berwarna
dengan ukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat
dibongkar pasang.
|
2.38
|
Gambar/model
mata manusia
|
1 buah/lab
|
Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan
ukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.
|
2.39
|
Gambar/model
telinga manusia
|
1 buah/lab
|
Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan
ukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat
dibongkar pasang.
|
2.40
|
Gambar/model
tenggorokan manusia
|
1 buah/lab
|
Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan
ukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat
dibongkar pasang.
|
2.41
|
Petunjuk percobaan
|
6 buah/ percobaan
|
|
3
|
Media Pendidikan
|
||
3.1
|
Papan tulis
|
1 buah/lab
|
Ukuran minimum
90 cm x 200 cm.
Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta
didik melihatnya dengan jelas.
|
4
|
Perlengkapan
Lain
|
||
4.1
|
Soket listrik
|
9 buah/lab
|
1 soket untuk tiap meja peserta didik,
2 soket untuk meja demo,
2 soket untuk di ruang persiapan.
|
4.2
|
Alat pemadam kebakaran
|
1 buah/lab
|
Mudah dioperasikan.
|
4.3
|
Peralatan P3K
|
1 buah/lab
|
Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak kadaluarsa termasuk obat P3K
untuk luka bakar dan luka terbuka.
|
4.4
|
Tempat sampah
|
1 buah/lab
|
|
4.5
|
Jam dinding
|
1 buah/lab
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar