GUDANG
- Gudang berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, tempat menyimpan sementara peralatan sekolah yang tidak/belum berfungsi di satuan pendidikan, dan tempat menyimpan arsip sekolah yang telah berusia lebih dari 5 tahun.
- Luas minimum gudang 21 m2.
- Gudang dapat dikunci.
- Gudang dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.16.
Tabel 3.16 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Gudang
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1.1
|
Lemari
|
1 buah/ruang
|
Ukuran memadai untuk menyimpan
alat- alat dan arsip berharga.
|
1.2
|
Rak
|
1 buah/ruang
|
Ukuran memadai untuk menyimpan peralatan olahraga, kesenian, dan keterampilan.
|
Ruang Sirkulasi
- Ruang sirkulasi horizontal berfungsi sebagai tempat penghubung antar ruang dalam bangunan sekolah dan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial peserta didik di luar jam pelajaran, terutama pada saat hujan ketika tidak memungkinkan kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah.
- Ruang sirkulasi horizontal berupa koridor yang menghubungkan ruang-ruang di dalam bangunan sekolah dengan luas minimum 30% dari luas total seluruh ruang pada bangunan, lebar minimum 1,8 m, dan tinggi minimum 2,5 m.
- Ruang sirkulasi horizontal dapat menghubungkan ruang-ruang dengan baik, beratap, serta mendapat pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
- Koridor tanpa dinding pada lantai atas bangunan bertingkat dilengkapi pagar pengaman dengan tinggi 90-110 cm.
- Bangunan bertingkat dilengkapi tangga. Bangunan bertingkat dengan panjang lebih dari 30 m dilengkapi minimum dua buah tangga.
- Jarak tempuh terjauh untuk mencapai tangga pada bangunan bertingkat tidak lebih dari 25 m.
- Lebar minimum tangga 1,8 m, tinggi maksimum anak tangga 17 cm, lebar anak tangga 25-30 cm, dan dilengkapi pegangan tangan yang kokoh dengan tinggi 85-90 cm.
- Tangga yang memiliki lebih dari 16 anak tangga harus dilengkapi bordes dengan lebar minimum sama dengan lebar tangga.
- Ruang sirkulasi vertikal dilengkapi pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
Tempat Bermain/Berolahraga
- Tempat bermain/berolahraga berfungsi sebagai area bermain, berolahraga, pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstrakurikuler.
- Tempat bermain/berolahraga memiliki rasio luas minimum 3 m2/peserta didik. Untuk satuan pendidikan dengan banyak peserta didik kurang dari 334, luas minimum tempat bermain/berolahraga 1000 m2. Di dalam luas tersebut terdapat ruang bebas untuk tempat berolahraga berukuran 30 m x 20 m.
- Tempat bermain/berolahraga yang berupa ruang terbuka sebagian ditanami pohon penghijauan.
- Tempat bermain/berolahraga diletakkan di tempat yang tidak mengganggu proses pembelajaran di kelas.
- Tempat bermain/berolahraga tidak digunakan untuk tempat parkir.
- Ruang bebas yang dimaksud di atas memiliki permukaan datar, drainase baik, dan tidak terdapat pohon, saluran air, serta benda-benda lain yang mengganggu kegiatan olahraga.
- Tempat bermain/berolahraga dilengkapi dengan sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.17.
Tabel 3.17 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Tempat Bermain/Berolahraga
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Peralatan
Pendidikan
|
|
|
1.1
|
Tiang bendera
|
1 buah/sekolah
|
Tinggi sesuai ketentuan yang berlaku.
|
1.2
|
Bendera
|
1 buah/sekolah
|
Ukuran sesuai ketentuan yang berlaku.
|
1.3
|
Peralatan bola
voli
|
2 buah/sekolah
|
Minimum 6 bola.
|
1.4
|
Peralatan sepak bola
|
1 set/sekolah
|
Minimum 6 bola.
|
1.5
|
Peralatan bola basket
|
1 set/sekolah
|
Minimum 6 bola.
|
1.6
|
Peralatan senam
|
1 set/sekolah
|
Minimum
matras, peti loncat, tali loncat,
simpai, bola plastik, tongkat, palang
tunggal, gelang.
|
1.7
|
Peralatan atletik
|
1 set/sekolah
|
Minimum
lembing, cakram,
peluru, tongkat estafet, bak loncat.
|
1.8
|
Peralatan seni budaya
|
1 set/sekolah
|
Disesuaikan
dengan potensi masing- masing satuan pendidikan.
|
1.9
|
Peralatan ketrampilan
|
1 set/sekolah
|
Disesuaikan
dengan potensi masing- masing satuan pendidikan.
|
2
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
2.1
|
Pengeras suara
|
1 set/sekolah
|
|
2.2
|
Tape recorder
|
1 buah/sekolah
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar