“Apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham” (Confusius)

Kamis, 10 Oktober 2013

Standar Laboratorium IPA SD/MI

a Laboratorium IPA dapat memanfaatkan ruang kelas.
b.   Sarana  laboratorium  IPA berfungsi  sebagai  alat bantu  mendukung  kegiatan dalam bentuk percobaan.
c Setiap  SD/MI  dilengkapi  sarana  laboratorium  IPA  seperti  tercantum  padTabel 2.7.

Tabel 2.7 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium IPA

No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1
Lemari
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran   memadai   untu menyimpan seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat    memanfaatkan     lemari    yang terdapat di ruang kelas.
2
Peralatan
Pendidikan






2.1
Model kerangka manusia
1 buah/sekolah
Tinggi minimum 125 cm. Mudah dibawa.
2.2
Model tubuh manusia
1 buah/sekolah
Tinggi minimum 125 cm.
Dapat   diamati   dengan   mudah   oleh seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.
2.3
Globe
1 buah/sekolah
Diameter minimum 40 cm.
Memiliki penyangga dan dapat diputar. Dapat memanfaatkan globe yang terdapat di ruang perpustakaan.
2.4
Model tata surya
1 buah/sekolah
Dapat mendemonstrasikan terjadinya fenomena gerhana.
2.5
Kaca pembesar
6 buah/sekolah

2.6
Cermin datar
6 buah/sekolah

2.7
Cermin cekung
6 buah/sekolah

2.8
Cermin cembung
6 buah/sekolah

2.9
Lensa datar
6 buah/sekolah

2.10
Lensa cekung
6 buah/sekolah

2.11
Lensa cembung
6 buah/sekolah

2.12
Magnet batang
6 buah/sekolah
Dapat mendemonstrasikan gaya magnet.
2.13
Poster IPA, terdiri dari:
a) metamorfosis,
b) hewan langka,
c) hewan dilindungi, d) tanaman khas
Indonesia,
e) contoh ekosistem f)  sistem-sistem
pernapasan hewan
1 set/sekolah
Jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.


Tidak ada komentar: