a. Laboratorium IPA dapat memanfaatkan ruang kelas.
b. Sarana laboratorium IPA berfungsi
sebagai alat bantu mendukung
kegiatan dalam bentuk percobaan.
c. Setiap
SD/MI dilengkapi
sarana laboratorium IPA seperti
tercantum pada Tabel 2.7.
Tabel 2.7 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium
IPA
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1.1
|
Lemari
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk
menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang terdapat di ruang kelas.
|
2
|
Peralatan
Pendidikan
|
|
|
| |||
2.1
|
Model kerangka manusia
|
1 buah/sekolah
|
Tinggi minimum 125 cm. Mudah dibawa.
|
2.2
|
Model tubuh manusia
|
1 buah/sekolah
|
Tinggi minimum 125 cm.
Dapat diamati dengan mudah
oleh
seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang.
Mudah dibawa.
|
2.3
|
Globe
|
1 buah/sekolah
|
Diameter minimum 40 cm.
Memiliki
penyangga dan dapat diputar.
Dapat memanfaatkan
globe yang terdapat di ruang perpustakaan.
|
2.4
|
Model tata surya
|
1 buah/sekolah
|
Dapat mendemonstrasikan terjadinya fenomena gerhana.
|
2.5
|
Kaca pembesar
|
6 buah/sekolah
|
|
2.6
|
Cermin datar
|
6 buah/sekolah
|
|
2.7
|
Cermin cekung
|
6 buah/sekolah
|
|
2.8
|
Cermin cembung
|
6 buah/sekolah
|
|
2.9
|
Lensa datar
|
6 buah/sekolah
|
|
2.10
|
Lensa cekung
|
6 buah/sekolah
|
|
2.11
|
Lensa cembung
|
6 buah/sekolah
|
|
2.12
|
Magnet batang
|
6 buah/sekolah
|
Dapat mendemonstrasikan gaya magnet.
|
2.13
|
Poster IPA, terdiri
dari:
a) metamorfosis,
b) hewan langka,
c) hewan dilindungi, d) tanaman khas
Indonesia,
e) contoh ekosistem f) sistem-sistem
pernapasan hewan
|
1 set/sekolah
|
Jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar