“Apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham” (Confusius)

Kamis, 10 Oktober 2013

Standar Perpustakaan SD/MI

Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka dengan membaca, mengamati, mendengar, dan sekaligus tempat petugas mengelola perpustakaan. 
Luas minimum ruang perpustakaan sama dengan luas satu ruang kelas. Lebar minimum ruang perpustakaan adalah 5 m. 
Ruang perpustakaan dilengkapi jendela untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku. Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah/madrasah yang mudah dicapai. 
Ruang perpustakaan dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.6. 

Tabel 2.6 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan

No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Buku


1.1
Buku teks pelajaran
1 eksemplar/mata pelajaran/peserta didik,
ditambah
2 eksemplar/mata pelajaran/sekolah
Termasuk dalam daftar buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur atau Bupati/Walikota.
1.2
Buku panduan pendidik
1 eksemplar/mata pelajaran/guru mata







pelajaran bersangkutan, ditambah
1 eksemplar/mata
pelajaran/sekolah

1.3
Buku pengayaan
840 judul/sekolah
Terdiri dari 60% non-fiksi dan
40% fiksi.
Banyak eksemplar/sekolah minimum:
1000 untuk 6 rombongan belajar,
1500 untuk 7-12 rombongan belajar,
2000 untuk 13-24 rombongan belajar.
1.4
Buku referensi
10  judul/sekolah
Sekurang-kurangnya  meliputi Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamus Bahasa Inggris, ensiklopedi, buku statistik daerah, buku telepon, kitab undang- undang dan peraturan, dan kitab suci.
1.5
Sumber belajar lain
10 judul/sekolah
Sekurang-kurangnya  meliputi majalah, surat kabar, globe, peta, gambar pahlawan nasional,
CD pembelajaran, dan
alat peraga matematika.
2
Perabot


2.1
Rak buku
1 set/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi dengan baik.
Memungkinkan peserta didik
menjangkau koleksi buku dengan mudah.
2.2
Rak majalah
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi majalah.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi majalah dengan mudah.
2.3
Rak surat kabar
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi suratkabar.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi suratkabar dengan mudah.
2.4
Meja baca
10 buah/sekolah
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik. Desain memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke bawah meja.
2.5
Kursi baca
10 buah/sekolah
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik.
Desain dudukan dan sandaran membuat
peserta didik nyaman belajar.
2.6
Kursi kerja
1 buah/petugas
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja

  
No
Jenis
Rasio
Deskripsi



dengan nyaman.
2.7
Meja kerja/
sirkulasi
1 buah/petugas
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja dengan nyaman.
2.8
Lemari katalog
1 buah/sekolah
Cukup untuk menyimpan kartu-kartu katalog.
Lemari katalog dapat diganti dengan meja untuk menempatkan katalog.
2.9
Lemari
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan untuk pengelolaan perpustakaan.
Dapat dikunci.
2.10
Papan pengumuman
1 buah/sekolah
Ukuran minimum 1 m2.
2.11
Meja multimedia
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan multimedia.
3
Media
Pendidikan


3.1
Peralatan multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya  terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum
15 inci, printer), TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
4
Perlengkapan
Lain


4.1
Buku inventaris
1 buah/sekolah

4.2
Tempat sampah
1 buah/ruang

4.3
Kotak kontak
1 buah/ruang

4.4
Jam dinding
1 buah/ruang



Tidak ada komentar: