Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka dengan membaca, mengamati, mendengar, dan sekaligus tempat petugas mengelola perpustakaan.
Luas minimum ruang perpustakaan sama dengan luas satu ruang kelas. Lebar minimum ruang perpustakaan adalah 5 m.
Ruang perpustakaan dilengkapi jendela untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku. Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah/madrasah yang mudah dicapai.
Ruang perpustakaan dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.6.
Tabel 2.6 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Buku
|
|
|
1.1
|
Buku teks
pelajaran
|
1 eksemplar/mata pelajaran/peserta
didik,
ditambah
2 eksemplar/mata pelajaran/sekolah
|
Termasuk dalam daftar
buku teks pelajaran yang ditetapkan
oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur
atau Bupati/Walikota.
|
1.2
|
Buku panduan
pendidik
|
1 eksemplar/mata pelajaran/guru mata
|
|
| |||
|
|
pelajaran bersangkutan,
ditambah
1 eksemplar/mata
pelajaran/sekolah
|
|
1.3
|
Buku pengayaan
|
840 judul/sekolah
|
Terdiri dari 60% non-fiksi dan
40% fiksi.
Banyak eksemplar/sekolah minimum:
1000 untuk 6 rombongan
belajar,
1500 untuk 7-12 rombongan belajar,
2000 untuk 13-24 rombongan belajar.
|
1.4
|
Buku referensi
|
10 judul/sekolah
|
Sekurang-kurangnya meliputi Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamus Bahasa Inggris, ensiklopedi,
buku statistik daerah, buku telepon, kitab undang- undang dan peraturan, dan kitab suci.
|
1.5
|
Sumber belajar
lain
|
10 judul/sekolah
|
Sekurang-kurangnya meliputi
majalah,
surat kabar, globe,
peta, gambar pahlawan nasional,
CD pembelajaran,
dan
alat peraga matematika.
|
2
|
Perabot
|
|
|
2.1
|
Rak buku
|
1 set/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi dengan baik.
Memungkinkan peserta didik
menjangkau koleksi buku dengan mudah.
|
2.2
|
Rak majalah
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi majalah.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi majalah dengan
mudah.
|
2.3
|
Rak surat kabar
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Dapat menampung seluruh koleksi suratkabar.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi suratkabar dengan
mudah.
|
2.4
|
Meja baca
|
10 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, aman, dan mudah
dipindahkan oleh peserta
didik.
Desain memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke bawah meja.
|
2.5
|
Kursi baca
|
10 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh peserta
didik.
Desain dudukan dan sandaran membuat
peserta didik nyaman belajar.
|
2.6
|
Kursi kerja
|
1 buah/petugas
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja
|
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
|
|
|
dengan nyaman.
|
2.7
|
Meja kerja/
sirkulasi
|
1 buah/petugas
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran yang memadai untuk bekerja dengan nyaman.
|
2.8
|
Lemari katalog
|
1 buah/sekolah
|
Cukup untuk menyimpan kartu-kartu katalog.
Lemari katalog dapat diganti dengan
meja untuk menempatkan katalog.
|
2.9
|
Lemari
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung
seluruh peralatan untuk
pengelolaan
perpustakaan.
Dapat dikunci.
|
2.10
|
Papan pengumuman
|
1 buah/sekolah
|
Ukuran minimum 1 m2.
|
2.11
|
Meja multimedia
|
1 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung
seluruh peralatan multimedia.
|
3
|
Media
Pendidikan
|
|
|
3.1
|
Peralatan multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum
15 inci, printer), TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
|
4
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
4.1
|
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
|
4.2
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
4.3
|
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
|
4.4
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar