Tempat Beribadah
a. Tempat beribadah berfungsi sebagai tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah.
b. Banyak tempat beribadah sesuai dengan kebutuhan tiap SD/MI, dengan luas minimum 12 m2.
c. Tempat beribadah dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.10.
b. Banyak tempat beribadah sesuai dengan kebutuhan tiap SD/MI, dengan luas minimum 12 m2.
c. Tempat beribadah dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.10.
Tabel 2.10 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Tempat Beribadah
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
|||||
1
|
Perabot
|
|||||||
1.1
|
Lemari/rak
|
1 buah/tempat ibadah
|
Ukuran memadai untuk menyimpan perlengkapan ibadah.
|
|||||
2
|
Perlengkapan lain
|
|||||||
2.1
|
Perlengkapan ibadah
|
Disesuaikan dengan kebutuhan.
|
||||||
2.2
|
Jam dinding
|
1 buah/tempat ibadah
|
||||||
Ruang UKS
a.
Ruang UKS berfungsi sebagai tempat untuk penanganan dini peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah/madrasah.
b. Ruang UKS dapat dimanfaatkan sebagai ruang konseling.
c. Luas minimum ruang UKS 12 m2.
d. Ruang UKS dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.11.
b. Ruang UKS dapat dimanfaatkan sebagai ruang konseling.
c. Luas minimum ruang UKS 12 m2.
d. Ruang UKS dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.11.
Tabel 2.11 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang UKS
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1.1
|
Tempat tidur
|
1 set/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
|
1.2
|
Lemari
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman. Dapat dikunci.
|
1.3
|
Meja
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
|
1.4
|
Kursi
|
2 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
|
2
|
Perlengkapan
Lain
|
||
2.1
|
Catatan kesehatan peserta didik
|
1 set/ruang
|
|
2.2
|
Perlengkapan P3K
|
1 set/ruang
|
Tidak kadaluarsa.
|
2.3
|
Tandu
|
1 buah/ruang
|
|
2.4
|
Selimut
|
1 buah/ruang
|
|
2.5
|
Tensimeter
|
1 buah/ruang
|
|
2.6
|
Termometer badan
|
1 buah/ruang
|
|
2.7
|
Timbangan badan
|
1 buah/ruang
|
|
2.8
|
Pengukur tinggi badan
|
1 buah/ruang
|
|
2.9
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
2.10
|
Tempat cuci tangan
|
1 buah/ruang
|
|
2.11
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
JAMBAN / WC
a. Jamban berfungsi sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil.
b. Minimum terdapat 1 unit jamban untuk setiap 60 peserta didik pria, 1 unit jamban untuk setiap 50 peserta didik wanita, dan 1 unit jamban untuk guru. Jumlah minimum jamban setiap sekolah/madrasah 3 unit.c. Luas minimum 1 unit jamban 2 m2.
d. Jamban harus berdinding, beratap, dapat dikunci, dan mudah dibersihkan. e. Tersedia air bersih di setiap unit jamban.
f. Jamban dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.12.
Tabel 2.12 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Jamban
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perlengkapan
Lain
|
||
1.1
|
Kloset jongkok
|
1 buah/ruang
|
Saluran berbentuk leher
angsa.
|
1.2
|
Tempat air
|
1 buah/ruang
|
Volume minimum 200 liter. Berisi air bersih.
|
1.3
|
Gayung
|
1 buah/ruang
|
|
1.4
|
Gantungan pakaian
|
1 buah/ruang
|
|
1.5
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
Gudang
a. Gudang berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, tempat menyimpan sementara peralatan sekolah/madrasah yang tidak/belum berfungsi, dan tempat menyimpan arsip sekolah/madrasah yang telah berusia lebih dari 5 tahun.
b. Luas minimum gudang 18 m2.c. Gudang dapat dikunci.
d. Gudang dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.13.
Tabel 2.13 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Gudang
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1.1
|
Lemari
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
alat- alat dan arsip berharga.
|
1.2
|
Rak
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan peralatan olahraga, kesenian, dan keterampilan.
|
Ruang Sirkulasi
a. Ruang sirkulasi horizontal berfungsi sebagai tempat penghubung antar ruang dalam bangunan sekolah/madrasah dan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial peserta didik di luar jam pelajaran, terutama pada saat hujan ketika tidak memungkinkan kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah/madrasah.
b. Ruang sirkulasi horizontal berupa koridor yang menghubungkan ruang-ruang di dalam bangunan sekolah/madrasah dengan luas minimum 30% dari luas total seluruh ruang pada bangunan, lebar minimum 1,8 m, dan tinggi minimum 2,5 m.
c. Ruang sirkulasi horizontal dapat menghubungkan ruang-ruang dengan baik, beratap, serta mendapat pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
d. Koridor tanpa dinding pada lantai atas bangunan bertingkat dilengkapi pagar pengaman dengan tinggi 90-110 cm.
e. Bangunan bertingkat dilengkapi tangga. Bangunan bertingkat dengan panjang lebih dari 30 m dilengkapi minimum dua buah tangga.
f. Jarak tempuh terjauh untuk mencapai tangga pada bangunan bertingkat tidak lebih dari 25 m.
g. Lebar minimum tangga 1,5 m, tinggi maksimum anak tangga 17 cm, lebar anak tangga 25-30 cm, dan dilengkapi pegangan tangan yang kokoh dengan tinggi 85-90 cm.
h. Tangga yang memiliki lebih dari 16 anak tangga harus dilengkapi bordes dengan lebar minimum sama dengan lebar tangga.
i. Ruang sirkulasi vertikal dilengkapi pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
b. Ruang sirkulasi horizontal berupa koridor yang menghubungkan ruang-ruang di dalam bangunan sekolah/madrasah dengan luas minimum 30% dari luas total seluruh ruang pada bangunan, lebar minimum 1,8 m, dan tinggi minimum 2,5 m.
c. Ruang sirkulasi horizontal dapat menghubungkan ruang-ruang dengan baik, beratap, serta mendapat pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
d. Koridor tanpa dinding pada lantai atas bangunan bertingkat dilengkapi pagar pengaman dengan tinggi 90-110 cm.
e. Bangunan bertingkat dilengkapi tangga. Bangunan bertingkat dengan panjang lebih dari 30 m dilengkapi minimum dua buah tangga.
f. Jarak tempuh terjauh untuk mencapai tangga pada bangunan bertingkat tidak lebih dari 25 m.
g. Lebar minimum tangga 1,5 m, tinggi maksimum anak tangga 17 cm, lebar anak tangga 25-30 cm, dan dilengkapi pegangan tangan yang kokoh dengan tinggi 85-90 cm.
h. Tangga yang memiliki lebih dari 16 anak tangga harus dilengkapi bordes dengan lebar minimum sama dengan lebar tangga.
i. Ruang sirkulasi vertikal dilengkapi pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
Tempat Bermain/Berolahraga
a. Tempat bermain/berolahraga berfungsi sebagai area bermain, berolahraga, pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstrakurikuler.
b. Rasio minimum luas tempat bermain/berolahraga 3 m2/peserta didik. Untuk SD/MI dengan banyak peserta didik kurang dari 180, luas minimum tempat bermain/berolahraga 540 m2. Di dalam luasan tersebut terdapat ruang bebas untuk tempat berolahraga berukuran minimum 20 m x 15 m.
c. Tempat bermain/berolahraga yang berupa ruang terbuka sebagian ditanami pohon penghijauan.
d. Tempat bermain/berolahraga diletakkan di tempat yang tidak mengganggu proses pembelajaran di kelas.
e. Tempat bermain/berolahraga tidak digunakan untuk tempat parkir.
f. Ruang bebas yang dimaksud di atas memiliki permukaan datar, drainase baik, dan tidak terdapat pohon, saluran air, serta benda-benda lain yang mengganggu kegiatan olahraga.
g. Tempat bermain/berolahraga dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.14.
b. Rasio minimum luas tempat bermain/berolahraga 3 m2/peserta didik. Untuk SD/MI dengan banyak peserta didik kurang dari 180, luas minimum tempat bermain/berolahraga 540 m2. Di dalam luasan tersebut terdapat ruang bebas untuk tempat berolahraga berukuran minimum 20 m x 15 m.
c. Tempat bermain/berolahraga yang berupa ruang terbuka sebagian ditanami pohon penghijauan.
d. Tempat bermain/berolahraga diletakkan di tempat yang tidak mengganggu proses pembelajaran di kelas.
e. Tempat bermain/berolahraga tidak digunakan untuk tempat parkir.
f. Ruang bebas yang dimaksud di atas memiliki permukaan datar, drainase baik, dan tidak terdapat pohon, saluran air, serta benda-benda lain yang mengganggu kegiatan olahraga.
g. Tempat bermain/berolahraga dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 2.14.
Tabel 2.14 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Tempat Bermain/Berolahraga
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Peralatan
Pendidikan
|
||
1.1
|
Tiang bendera
|
1 buah/sekolah
|
Tinggi sesuai ketentuan yang berlaku.
|
1.2
|
Bendera
|
1 buah/sekolah
|
Ukuran sesuai ketentuan yang berlaku.
|
1.3
|
Peralatan bola voli
|
1 set/sekolah
|
Minimum 6 bola.
|
1.4
|
Peralatan sepak bola
|
1 set/sekolah
|
Minimum 6 bola.
|
1.5
|
Peralatan senam
|
1 set/sekolah
|
Minimum matras, peti loncat,
tali loncat, simpai, bola plastik, tongkat.
|
1.6
|
Peralatan atletik
|
1 set/sekolah
|
Minimum lembing, cakram,
peluru, tongkat estafet, dan bak loncat.
|
1.7
|
Peralatan seni budaya
|
1 set/sekolah
|
Disesuaikan
dengan potensi masing- masing SD/MI.
|
1.8
|
Peralatan ketrampilan
|
1 set/sekolah
|
Disesuaikan
dengan potensi masing- masing SD/MI.
|
2
|
Perlengkapan
Lain
|
||
2.1
|
Pengeras suara
|
1 set/sekolah
|
|
2.2
|
Tape recorder
|
1 buah/sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar