a. Ruang
perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan
guru
memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka
dengan membaca, mengamati, mendengar,
dan
sekaligus tempat
petugas mengelola
perpustakaan.
b. Luas minimum ruang perpustakaan sama dengan luas satu ruang kelas. Lebar
minimum ruang perpustakaan 5 m.
c.
Ruang perpustakaan dilengkapi jendela untuk memberi
pencahayaan
yang memadai untuk membaca buku.
d. Ruang perpustakaan terletak
di bagian sekolah yang mudah dicapai.
e. Ruang perpustakaan dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.6.
Tabel 3.6 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Buku
|
|
|
1.1
|
Buku teks
pelajaran
|
1 eksemplar/mata pelajaran/peserta
didik,
ditambah
2 eksemplar/mata pelajaran/sekolah
|
Termasuk dalam daftar
buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur
atau Bupati/Walikota.
|
1.2
|
Buku panduan
pendidik
|
1 eksemplar/mata pelajaran/guru mata pelajaran bersangkutan,
ditambah
1 eksemplar/mata pelajaran/sekolah
|
|
1.3
|
Buku pengayaan
|
870 judul/sekolah
|
Terdiri dari 70% non-fiksi dan
30% fiksi.
Banyak eksemplar/sekolah minimum:
1000 untuk 3-6 rombongan
belajar,
1500 untuk 7-12 rombongan belajar,
2000 untuk 13-18 rombongan belajar,
2500 untuk 19-24 rombongan belajar.
|
1.4
|
Buku referensi
|
20 judul/sekolah
|
Sekurang-kurangnya meliputi Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamus Bahasa Inggris, ensiklopedi,
buku statistik daerah, buku telepon, buku undang- undang dan peraturan, dan kitab suci.
|
1.5
|
Sumber belajar
lain
|
20 judul/sekolah
|
Sekurang-kurangnya meliputi
majalah,
surat kabar, globe,
peta, CD pembelajaran, dan
alat peraga matematika.
|
2
|
Perabot
|
|
|
2.1
|
Rak buku
|
1 set/sekolah
|
Dapat menampung seluruh
koleksi dengan baik.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi buku dengan mudah.
|
2.2
|
Rak majalah
|
1 buah/sekolah
|
Dapat menampung seluruh
koleksi majalah.
Memungkinkan peserta didik
menjangkau koleksi majalah dengan
mudah.
|
|
|
|
|
2.3
|
Rak surat kabar
|
1 buah/sekolah
|
Dapat menampung seluruh
koleksi suratkabar.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi suratkabar dengan
mudah.
|
2.4
|
Meja baca
|
15 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan
oleh peserta didik.
Desain meja memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke bawah meja.
|
2.5
|
Kursi baca
|
15 buah/sekolah
|
Kuat, stabil, dan mudah
dipindahkan
oleh peserta didik.
Desain dudukan dan sandaran membuat peserta didik nyaman belajar.
|
2.6
|
Kursi kerja
|
1 buah/petugas
|
Kuat dan stabil.
Ukuran memadai untuk bekerja dengan
nyaman.
|
2.7
|
Meja kerja/
sirkulasi
|
1 buah/petugas
|
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk bekerja dengan
nyaman.
|
2.8
|
Lemari katalog
|
1 buah/sekolah
|
Cukup untuk menyimpan kartu-kartu katalog.
Lemari katalog dapat diganti dengan
meja untuk menempatkan katalog.
|
2.9
|
Lemari
|
1 buah/sekolah
|
Ukuran memadai untuk
menampung seluruh peralatan untuk pengelolaan perpustakaan.
Dapat dikunci.
|
2.10
|
Papan pengumuman
|
1 buah/sekolah
|
Ukuran minimum 1 m2.
|
2.11
|
Meja multimedia
|
1 buah/sekolah
|
Kuat dan stabil.
Ukuran memadai untuk menampung
seluruh peralatan multimedia.
|
3
|
Media
Pendidikan
|
|
|
3.1
|
Peralatan multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum
15 inci, printer), TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
|
4
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
4.1
|
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
|
4.2
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
4.3
|
Soket listrik
|
1 buah/ruang
|
|
4.4
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar