“Apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham” (Confusius)

Senin, 21 Oktober 2013

Standar Perpustakaan SMP/MTs


a Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan guru memperoleh  informasi  dari berbagai  jenis bahan pustaka  dengan  membaca, mengamati,  mendengar,  dan  sekaligus  tempat  petugas  mengelola perpustakaan.


b.   Luas minimum ruang perpustakaan sama dengan luas satu ruang kelas. Lebar minimum ruang perpustakaan 5 m.
c Ruang  perpustakaan  dilengkapi  jendela  untuk  memberi  pencahayaan  yang memadai untuk membaca buku.
d.   Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah yang mudah dicapai.
e Ruang perpustakaan dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.6.

Tabel 3.6 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan

No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Buku


1.1
Buku teks pelajaran
1 eksemplar/mata pelajaran/peserta didik,
ditambah
2 eksemplar/mata pelajaran/sekolah
Termasuk dalam daftar buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas dan daftar buku teks muatan lokal yang ditetapkan oleh Gubernur atau Bupati/Walikota.
1.2
Buku panduan pendidik
1 eksemplar/mata pelajaran/guru mata pelajaran bersangkutan, ditambah
1 eksemplar/mata pelajaran/sekolah

1.3
Buku pengayaan
870 judul/sekolah
Terdiri dari 70% non-fiksi dan
30% fiksi.
Banyak eksemplar/sekolah minimum:
1000 untuk 3-6 rombongan belajar,
1500 untuk 7-12 rombongan belajar,
2000 untuk 13-18 rombongan belajar,
2500 untuk 19-24 rombongan belajar.
1.4
Buku referensi
20  judul/sekolah
Sekurang-kurangnya  meliputi Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamus Bahasa Inggris, ensiklopedi, buku statistik daerah, buku telepon, buku undang- undang dan peraturan, dan kitab suci.
1.5
Sumber belajar lain
20 judul/sekolah
Sekurang-kurangnya  meliputi majalah, surat kabar, globe, peta, CD pembelajaran, dan
alat peraga matematika.
2
Perabot


2.1
Rak buku
1 set/sekolah
Dapat menampung seluruh koleksi dengan baik.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi buku dengan mudah.
2.2
Rak majalah
1 buah/sekolah
Dapat menampung seluruh koleksi majalah.
Memungkinkan peserta didik
menjangkau koleksi majalah dengan mudah.







2.3
Rak surat kabar
1 buah/sekolah
Dapat menampung seluruh koleksi suratkabar.
Memungkinkan peserta didik menjangkau koleksi suratkabar dengan mudah.
2.4
Meja baca
15 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik.
Desain meja memungkinkan kaki peserta didik masuk dengan leluasa ke bawah meja.
2.5
Kursi baca
15 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan oleh peserta didik.
Desain dudukan dan sandaran membuat peserta didik nyaman belajar.
2.6
Kursi kerja
1 buah/petugas
Kuat dan stabil.
Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman.
2.7
Meja kerja/
sirkulasi
1 buah/petugas
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman.
2.8
Lemari katalog
1 buah/sekolah
Cukup untuk menyimpan kartu-kartu katalog.
Lemari katalog dapat diganti dengan meja untuk menempatkan katalog.
2.9
Lemari
1 buah/sekolah
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan untuk pengelolaan perpustakaan.
Dapat dikunci.
2.10
Papan pengumuman
1 buah/sekolah
Ukuran minimum 1 m2.
2.11
Meja multimedia
1 buah/sekolah
Kuat dan stabil.
Ukuran memadai untuk menampung seluruh peralatan multimedia.
3
Media
Pendidikan


3.1
Peralatan multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya  terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum
15 inci, printer), TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
4
Perlengkapan
Lain


4.1
Buku inventaris
1 buah/sekolah

4.2
Tempat sampah
1 buah/ruang

4.3
Soket listrik
1 buah/ruang

4.4
Jam dinding
1 buah/ruang



Tidak ada komentar: