“Apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham” (Confusius)

Selasa, 22 Oktober 2013

Standar Jamban SMP/MTs

  1. Jamban berfungsi sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil.
  2. Minimum terdapat 1 unit jamban untuk setiap 40 peserta didik pria, 1 unit jamban untuk setiap 30 peserta didik wanita, dan 1 unit jamban untuk guru. Banyak minimum jamban setiap sekolah 3 unit.
  3. Luas minimum 1 unit jamban 2 m2.
  4. Jamban harus berdinding, beratap, dapat dikunci, dan mudah dibersihkan. 
  5. Tersedia air bersih di setiap unit jamban.
  6. Jamban dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.15.

Tabel 3.15  Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Jamban

No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perlengkapan
Lain


1.1
Kloset jongkok
1 buah/ruang
Saluran berbentuk leher angsa.
1.2
Tempat air
1 buah/ruang
Volume minimum 200 liter. Berisi air bersih.
1.3
Gayung
1 buah/ruang

1.4
Gantungan pakaian
1 buah/ruang

1.5
Tempat sampah
1 buah/ruang



Tidak ada komentar: