“Apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham” (Confusius)

Sabtu, 19 Oktober 2013

MEMPERBAIKI AKI STROOM RENDAH

         
Secara umum, aki kering bebas perawatan akan bertahan 1-1,5 tahun . ada beberapa kondisi yg menyebabkan aki kering cepat rusak contohnya:
-Pada emergency lampaki benar-benar habis tapi tidak segera di-charge lagi dalam waktu yg lama Disarankan pada emergency lamp tipe switching(ketika lampu mati otomatis nyala), tancapkan terus ke power agar aki kering tidak rusak. Prinsipnya sama seperti baterai HP, ketika kondisi baterai mendekati 10 % segera lakukan charge, Jgn sampai baterai habis sampai 0%

Komposisi Aki:
Aki kering mempunyai air juga didalamnya. aki kering ini didesain di-sealed/tertutup rapat sehingga mampu menekan tingkat penguapan air aki. Uap aki yang terbentuk akan mengalami kondensasi sehingga dan kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal. Pada dasarnya antara beberapa jenis aki kering adalah sama-sama menggunakan konsep reaksi kimia yaitu cairan elektrolit. Elektrolit aki merupakan campuran antara air suling (H2O) dengan asam sulfat (SO4), komposisi campuran adalah 64 % H2O dan dan 36 % SO4. Dari campuran tersebut diperoleh elektrolit aki dengan berat jenis 1,270. Spoilerfor Daleman aki Kering: 

Langkah Perbaikan /servis:
Bahan:- ACCUZUR
          - Suntikan ( yang biasa buat pakai refil tinta juga boleh, tapi di bersihkan dulu / di cuci sampai 
             sisa  tintanya hilang ) 
1. Buka paksa tutup aki kering dgn obeng minus, hal ini karena oleh Pabrikan memang dilem ditutup rapat 
2. Setelah terbuka, akan ada 3 lobang untuk aki 6 volt, dan 6 lobang untuk aki 12 volt
 

3. Setelah lubang dibuka, gunakan alat suntik untuk mengisi aki tersebut dengan air zuur Sisakan 1 cm di lubang tersebut, untuk menghindari air meluber ketika di-charge
 

4. Tutup kembali/sealed ulang aki dengan lilin/lem besi jgn sampai ada udara yg masuk
 
5. Sterk ulang/Charge ulang, kalau aki motor, pasang dan nyalakan motor agar aki tercharge. Untuk aki emergency lamp, tancapkan dan charge ulang di wadahnya(disarankan bawa ke setrum accu terdekat agar diperoleh hasil maksimal, biasanya aki 6v akan dipararel sama aki 6 volt lainnya).

Selamat mencoba,semoga berhasil,.....

==================================================================
Cara Servis Aki Basah:
Aki / accu mati atau soak sering di buang begitu saja oleh pemiliknya. Menurut saya, aki yang sudah mati masih bisa diservis di hidup kan lagi dengan hanya bermodal 5ribu rupiah saja.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi yang belum pernah di upload oleh siapapun.
 
Bahan yang di butuh kan :
 1. Air Zur / air aki yang warna tutup botol nya merah
2. Garam dapur yang halus (ber yodium)
3. Alat suntik
4. 1 gelas akua
5. 1 timba air bersih
6. kain lap bersih




Caranya :
Persiapkan cairan yang akan kita masukkan kedalam tiap tiap lubang pada aki, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan garam kedalam satu gelas akua, aduk hingga rata. Sebelumnya Keluar kan terlebih dahulu semua isi dari aki tersebut ( untuk aki basah ). setelah keluar semua, cuci aki tersebut dengan air biasa dengan memasukkannya pada tiap tiap lubang aki sampai semua kotoran nya keluar. setelah dirasa cukup, suntik cairan garam tadi kedalam tiap tiap lubang aki hingga 2 cm dari mulut lubang.
Biasanya akan di ikuti reaksi dengan di tandai keluar gelembung udara. Jangan hirup udara yang akan keluar dari tiap tiap lubang pada aki. Setelah itu, charger aki selama 10 menit. Setelah 10 menit di charger, keluarkan air garam yang ada di dalam aki tadi dan cuci kembali seperti tadi. setelah dirasa sudah sangat bersih, baru masukkan air zur / air aki yang tutup botolnya merah hingga 2 cm dari mulut lubang. Charger aki higga penuh. Lap aki tadi hingga bersih. Kemudian anda bisa memasangnya pada kendaraan anda.

sumber: tipsartikeldanpengetahuan.wordpress.com

Tidak ada komentar: