“Apa yang saya dengar, saya lupa; apa yang saya lihat, saya ingat; dan apa yang saya lakukan saya paham” (Confusius)

Jumat, 14 Juni 2013

Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending)

Model pembelajaran core yaitu model pembelajaran yang mencakup empat aspek kegiatan yaitu connecting, organizing, reflecting, dan extending. Adapun keempat aspek tersebut adalah :
  1. Connecting (C) Merupakan kegiatan mengoneksikan informasi lama dan informasi baru dan antar konsep.
  2. Organizing (O) Merupakan kegiatan mengorganisasikan ide-ide untuk memahami materi.
  3. Reflecting (R) Merupakan kegiatan memikirkan kembali, mendalami, dan menggali informasi yang sudah didapat.
  4. Extending (E) Merupakan kegiatan untuk mengembangkan, memperluas, menggunakan, dan menemukan.
Karakteristik Model pembelajaran Core
Model pembelajaran yang menekankan kemampuan berpikir siswa untuk menghubungkan, mengorganisasikan, mendalami,mengelola, dan mengembangkan informasi yang didapat. Dalam model ini aktivitas berpikir sangat ditekankan kepada siswa. Siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis terhadap informasi yang didapatnya.
Kegiatan mengoneksikan konsep lama-baru siswa dilatih untuk mengingat informasi lama dan menggunakan informasi/konsep lama tersebut untuk digunakan dalam informasi/konsep baru. Kegiatan mengorganisasikan ide-ide, dapat melatih kemampuan siswa untuk mengorganisasikan, mengelola informasi yang telah dimilikinya. Kegiatan refleksi, merupakan kegiatan memperdalam, menggali informasi untuk memperkuat konsep yang telah dimilikinya.
Extending, dengan kegiatan ini siswa dilatih untuk mengembangkan, memperluasinformasi yang sudah didapatnya dan menggunakan informasi dan dapat menemukankonsep dan informasi baru yang bermanfaat.

Keunggulan dan kelemahan
Keunggulan
  • Siswa aktif dalam belajar. 
  • Melatih daya ingat siswa tentang suatu konsep/informasi
  • Melatih daya pikir kritis siswa terhadap suatu masalah. 
  • Memberikan pengalaman belajar kepada siswa,karena siswa banyak berperan aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi bermakna.

Kelemahan
  • Membutuhkan persiapan matang dari guru untuk menggunakan model ini.Menuntut siswa untuk terus berpikir kritis. 
  • Memerlukan banyak waktu.
  • Tidak semua materi pelajaran dapat menggunakan model core.

Sintaks
Membuka pelajaran dengan kegiatan yang menarik siswa yaitu menyanyikanyang mana isi lagu berkaitan dengan materi yang akan diajarkan. Penyampaian konsep lama yang akan dihubungkan dengan konsep baru olehguru kepada siswa. 
Connecting (C), Pengorganisasian ide-ide untuk memahami materi yang dilakukan oleh siswadengan bimbingan guru. 
Organizing (O) Pembagian kelompok secara heterogen(campuran antara yang pandai, sedang,dan kurang),terdiri dari 4-5 orang. Memikirkan kembali, mendalami, dan menggali informasi yang sudah didapatdan dilaksanakan dalam kegiatan belajar kelompok siswa. 
Reflecting (R) Pengembangan, memperluas, menggunakan, dan menemukan,melalui tugasindividu dengan mengerjakan tugas.

Tidak ada komentar: